Sabtu, 20 April 2013

NYALEG, ANGGOTA PANWASCAM MUNDUR

Demak - Satu anggota Panitia Pengawas Pemilu kecamatan (Panwaslucam) di Kecamatan Karangtengah resmi mengundurkan diri, setelah memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014. Dia maju sebagai anggota DPRD Kabupaten Demak, dari Partai Kebangkitan Bangsa. 
 
Disamping anggota Panwascam itu, ada juga dua Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di Kecamatan Wedung yang mengundurkan diri dengan alasan mendapatkan pekerjaan di luar pulau, sehingga tidak bisa mengabdikan diri lagi sebagai anggota PPL, masing-masing berasal dari Desa Ngawen dan Desa Kedungmutih. 
 
Ketua Panwaslu Demak Khoirul Saleh mengatakan, “satu orang anggota Panwascam Karangtengah yang mengundurkan diri yakni Muklas (PKB), sementara dua lainnya dari PPL di Kecamatan Wedung yaitu Arif Sudibyo dari Desa Ngawen dan Kamdan dari Desa Kedungmutih.” 
 
"Khusus untuk anggota Panwascam yang mengundurkan diri karena menjadi caleg, SK pemberhentian yang mau nyaleg sudah ditandatangani, sementara proses PAW akan dilakukan besok pada hari Senin, 22 April 2013 dikantor Panwaslu Kabupaten Demak, penggantinya akan kita ambilkan dari nomor dibawahnya. Ini sesuai dengan Perbawaslu Nomor 10 tahun 2012, sementara pengganti dari PPL yang mengundurkan diri akan kita carikan dari desa setempat" kata Ketua Panwaslu Khoirul Saleh, di sekretariat Panwaslu Demak, Sabtu (20/4). 
 
Panwaslu Demak menurutnya memberikan batas waktu terakhir untuk menyerahkan surat pengunduran diri hingga 6 April 2013. Hal itu dimaksudkan agar pengawas penyelenggara pemilu benar-benar bersih dari unsur partai dan tetap independen. (UN)








Jumat, 19 April 2013

Baru Satu Partai Yang Daftar Caleg



DEMAK – Rencana PKS menjadi peserta yang pertama mendaftarkan calon legislatifnya di kabupaten Demak untuk Pemilu Legislatif 2014 tertunda, hal ini terjadi karena berkas pendaftaran kader ternyata belum digandakan.  Meski begitu, sore hari sekitar pukul 15.55 Wib, PKS memenuhi rencananya menjadi partai pertama yang mendaftar. Menggunakan iring-iringan becak yang disewa dan diberi hiasan bendera partai, PKS berangkat dari kantornya menuju KPU yang berada di jalan kyai turmudzi Demak. Sejak dibuka pendaftaran calon anggota legislatif pada tanggal 9 April, hingga jumat 19 April KPU Demak baru menerima satupun pendaftar yaitu PKS, dari 12 partai politik yang ada di kabupaten Demak.

RAKOR PENGAWASAN KAMPANYE PILGUB


 
Demak - Setelah mengikuti Rakor yang diselenggarakan oleh Bawaslu Jawa Tengah, Panwaslu Kab. Demak pada hari kamis tanggal 18 April 2013 mengadakan Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan Kampanye Gubernur 2013. Pada Rakor yang diselenggarakan di Bina Praja, kompleks Kabupaten Demak tersebut, panwaslu menghadirkan stakeholder (KPU Demak, Polres, Kesbanglinmaspol, Dinas Perijinan, Satpol PP, dan perwakilan Partai Politik), dan sebanyak 56 Panwaslucam dan kepala sekretariat se Kabupaten Demak. "Rakor ini sangat strategis, karena mengundang dinas dan instansi yang berkompenten di bidangnya. Ini sangat diperlukan karena dinas/instansi yang bersangkutan yang punya wewenang untuk menegakkan regulasi daerah berkaitan dengan pemasangan alat peraga kampanye, dalam hal ini satpol PP." Kata Ketua Panwaslu Kab. Demak Khoirul Saleh.

Kamis, 11 April 2013

370 Bakal Calon Legislatif Jalani Tes Kesehatan


Panwaslu Demak bertemu dengan Kepala TU
RSUD Sunan Kalijaga
Demak- Seminggu sudah Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak membuka tes kesehatan untuk bakal calon legislatif (bacaleg) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, Kamis (11/4), sudah 370 orang menjalani pemeriksaan tes kesehatan jasmani dan rohani. Tes kesehatan jasmani meliputi pemeriksaan darah untuk mengetahui gula darah dan kolesterol, IKG (jantung), Rontgen (paru-paru) dan Narkoba di laboratorium RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak. Sedangkan tes kesehatan rohani meliputi tes tulis dan wawancara. Untuk pemeriksaan tes kesehatan bacaleg di Kabupaten Demak ini memang dipusatkan di RSUD Sunan Kalijaga, setelah adanya MoU dengan KPU Demak.  “Untuk pemeriksaan narkoba, sampai Kamis siang sudah 370 orang, sedangkan biaya untuk tes kesehatan ini Rp 564.000.” jelas Kepala Tata Usaha RSUD Sunan Kalijaga Nanik kepada ketua Panwaslu Kabupaten Demak Khoirul Saleh yang didampingi anggota Panwaslu Ulin Nuha.

Senin, 08 April 2013

BALIHO PASANGAN CALON GUBERNUR HP-DON TELAH DITURUNKAN



Pertemuan antara panwaslu dengan kepala dinas BPPTPM
Demak - Alat peraga kampanye pasangan calon Gubernur  dan Wakil Gubernur  Hadi Prabowo -  Don Murdono sejak Sabtu,  6 April  2013 telah diturunkan oleh pemilik advertising atas permintaan Dinas BPPTPM, pihak advertising  menurunkan baliho tersebut setelah ada pertemuan antara Panwaslu Kabupaten Demak dengan Kepala Dinas BPPTPM Kabupaten Demak Muhtar Lutfi yang didampingi staf dinas perijinan.

Dalam kunjungannya ke kantor dinas perijinan tersebut ketua Panwaslu Khoirul Saleh yang didampingi anggota Panwaslu Jeni Fariadhie dan Ulin Nuha mengklarifikasi terkait baliho yang ada di jalan protokol tersebut. “Selain bersilaturahmi, kami juga ingin mengklarifikasi terkait baliho calon gubernur dan wakil gubernur Hadi Prabowo dan Don Murdono yang berada di jalan Sultan Fatah, apakah sudah ada ijinnya”. Katanya sambil menunjukkan foto baliho yang dimaksud. “Pada prinsipnya kami siap menurunkan baliho tersebut, kalau dirasa pada proses pemasangannya melanggar aturan yang ada”. Kata Muhtar Lutfi ketika menerima komisioner Panwaslu dikantornya.