Wednesday, May 20, 2015

Hari Pertama, 25 Orang Daftar Panwascam.



Pendaftaran panwascam mulai dibuka untuk masyarakat hari ini. Total sebanyak 25 orang yang sudah mendaftarkan dirinya di sekretariat Panwaskab Demak dengan rincian 20 pendaftar laki-laki dan 5 orang perempuan. Kepala sekretariat Panwaskab Demak Yanto Mulyanto, S.Sos., MM mengatakan ada beberapa pendaftar yang berkasnya belum lengkap.
“Dari 25 pendaftar tersebut terdapat 6 pendaftar yang berkasnya dinyatakan kurang atau tidak lengkap setelah dilakukan penelitian diantaranya ada yang KTPnya sudah tidak berlaku lagi, ada yang tidak melampirkan surat keterangan dokter dari puskesmas atau rumah sakit”. urainya saat ditemui di kantor.
“Ada pula pendaftar yang potonya tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan yaitu 4x6 sebanyak lima lembar. Para pendaftar yang berkasnya belum lengkap ini masih diberi kesempatan untuk memperbaikinya sampai tanggal 25 Mei 2015. Jika sampai waktu tersebut, mereka tidak memperbaikinya maka mereka dianggap mengundurkan diri dan secara otomatis tidak lolos tahapan administrasi”. ujarnya lebih lanjut.

Para pendaftar mempunyai latar belakang yang bervariasi, mulai dari mantan panwascam yang mendaftar kembali, mantan PPK yang terkena aturan PKPU 4 tahun 2015 yang sudah dua kali periode, dan juga PPL yang mencoba naik ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan ada juga pendaftar yang tidak mempunyai latar belakang penyelenggara pemilu. Dari 25 pendaftar itu rata-rata background mereka adalah guru, baik yang PNS maupun honorer.
Dari berkas yansg diterima oleh panitia pendaftaran, banyak terdapat hal-hal yang lucu dimana ada pendaftar yang melampirkan sertifikat seminar yang tidak ada hubungannya dengan kepemiluan, ada juga yang melampirkan SK kepramukaan. Bahkan ada pendaftar yang melampirkan sertifikat asli untuk mendaftar.
Panwaskab bersyukur
Sementara itu menyikapi tingginya antusiasme masyarakat yang ingin menjadi anggota panwascam, ketua Panwaskab Demak Khoirul Saleh, S.Sos., MH menyampaikan apresiasinya kepada segenap pihak yang turut membantu mensosialisasikan pengumuman panwascam ini sehingga pihaknya bisa mendapatkan pengawas yang mempunyai integritas dan kapabilitas yang memadai.
“dengan banyaknya masyarakat yang mendaftar, maka kami akan lebih mudah mencari sosok pengawas di tingkat kecamatan yang mempunyai integritas, karena tugas kepengawasan kedepan akan tidak mudah, tingkat kerawanan jelas akan lebih tinggi karena yang dipilih adalah bupati. Maka dari itu kami pastikan nantinya panwascam yang terpilih adalah mereka yang benar-benar sosok yang bersih dan independen”. Ujarnya saat memantau para pendaftar. (UN)

No comments:

Post a Comment