Saturday, October 10, 2015

Rakor Pengawasan DPT, Panwascam kedatangan Komisioner Bawaslu Jateng




Demak- Bawaslu Jawa Tengah Sabtu (10/10) melakukan kunjungan supervisi ke Panwas Kabupaten Demak berbarengan dengan kegiatan rapat koordinasi pengawasan DPT dan kampanye dengan Panwascam se Kabupaten Demak. Dalam kunjungannya ke Panwaskab Demak, komisioner Bawaslu Provinsi Teguh Purnomo, SH., MHum didampingi oleh Kasubag TP3 Bawaslu Jawa Tengah Rr. Istilah Wulandari, SH.
Pada kesempatan itu komisioner yang mengkoordinir divisi pengawasan dan hubungan antar lembaga menyempatkan diri untuk memberikan wejangan dan motivasi kepada panwascam yang diundang dalam rapat tersebut.
Mantan ketua KPU Kebumen itu berpesan agar panwas di wilayah kabupaten Demak untuk lebih waspada karena Demak merupakan tiga dari 21 kabupaten/kota yang bupati dan wakilnya mencalonkan diri dan masih menjabat. “jadi dari 21 kabupaten/kota, ada tiga incumbent yang masih menjabat sebagai bupati dan wakil aktif, ini harus diwaspadai jangan sampai mereka menyalahgunakan kekuasaannya untuk melakukan kampanye dengan menggunakan fasilitas Negara”, ujarnya.
Selanjutnya teguh juga berpesan bahwa pengawas selama melakukan pengawasan kampanye dilarang keras untuk menerima uang transport dari tim kampanye atau pasangan calon itu sendiri, “kalau ada panwas yang dalam menjalankan tugas pengawasan menerima uang transport maka kami akan langsung memberhentikan yang bersangkutan” tegasnya dalam kesempatan itu.
Bahwa obyek pengawasan pengawas bukan hanya penyelenggara dalam hal ini KPU dan jajarannya tetapi juga penyelenggaraan pemilihan itu sendiri juga menjadi obyek pengawasan, pengawasn harus memastikan bahwa KPU dan jajarannya dalam menjalankan tugas sudah rule of the game alias sudah sesuai dengan peraturan yang ada.
“pastikan bahwa penyelenggara sudah rule of the game dalam menjalankan kegiatan pemilihan bupati dan wakil bupati ini sehingga akan terpilih pemimpin yang kredibel”, sambungnya lebih lanjut.
Dalam kesempatan itu Teguh juga berpesan agar prestasi yang sudah diraih Panwas Demak bisa terus dipertahankan, “kami berharap kondisi Panwas Demak yang sudah baik ini bisa terus dipertahankan baik dari segi laporan pengawasan yang dikirim ke Bawaslu, tidak adanya konflik internal  dan juga kinerja pengawasan itu sendiri” tutupnya sebelum mengakhiri sambutannya dalam kegiatan rakor tersebut. (UN)

No comments:

Post a Comment