Jumat, 19 April 2013

Baru Satu Partai Yang Daftar Caleg



DEMAK – Rencana PKS menjadi peserta yang pertama mendaftarkan calon legislatifnya di kabupaten Demak untuk Pemilu Legislatif 2014 tertunda, hal ini terjadi karena berkas pendaftaran kader ternyata belum digandakan.  Meski begitu, sore hari sekitar pukul 15.55 Wib, PKS memenuhi rencananya menjadi partai pertama yang mendaftar. Menggunakan iring-iringan becak yang disewa dan diberi hiasan bendera partai, PKS berangkat dari kantornya menuju KPU yang berada di jalan kyai turmudzi Demak. Sejak dibuka pendaftaran calon anggota legislatif pada tanggal 9 April, hingga jumat 19 April KPU Demak baru menerima satupun pendaftar yaitu PKS, dari 12 partai politik yang ada di kabupaten Demak.


Mahmudi, anggota KPU divisi Pencalonan dan Kampanye menjelaskan, untuk pendaftaran  Caleg, KPU Demak telah membuka pendaftaran sejak  tanggal 9 hingga tanggal 22 April, tapi kenyataannya hingga  Jumat (19/4) baru ada satu partai yang mendaftarkan calegnya. Sebenarnya kamis pagi kemarin kami telah menerima PKS yang akan mendaftarkan calegnya, tapi karena berkasnya masih ada yang kurang, maka kami kembalikan lagi berkas mereka,” ujarnya.
‘’Partai banyak yang datang ke KPU namun masih sebatas konsultasi, rencananya besok hari Sabtu, 20 April ada 4 partai politik yang akan mendaftarkan calegnya ke KPU, diantaranya PDIP’’ lanjut Mahmudi.

Terpisah, Khoirul Saleh, Ketua Panwaslu Kabupaten Demak,  menuturkan, berkait masa pendaftaran, setiap hari selalu melakukan koordinasi dengan KPU untuk keperluan pengawasan.
‘’Sehari kadang lebih dari satu kali kita menelpon KPU, guna menanyakan  partai yang mendaftarkan calegnya ke KPU. Namun sejauh ini  baru ada satu partai yang mendaftar,’’ jelasnya. “PKS yang tadi pagi daftar ternyata ditunda, karena berkasnya masih kurang, sehingga dikembalikan oleh KPU” tambah anggota Panwaslu Jeni Fariadhie ketika dikonfirmasi tentang pencalonan anggota DPR. 
Dijelaskan pula, KPU telah berkomunikasi dengan Panwaslu terkait pendaftaran caleg, namun karena sepi pendaftar, Panwaslu standby di kantor sekretariat sambil menyelesaikan tugas-tugas  pengawasan.  (UN)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar