Thursday, May 23, 2013

Ratusan Atribut Kampanye Diturunkan di masa Tenang

Briefing sebelum pembersihan APK


Demak-Memasuki masa tenang menjelang pemilihan umum gubernur ini panwaslu demak melakukan pembersihan ratusan atribut kampanye secara serentak di wilayah kabupaten demak, kamis (23/5). Aksi pembersihan ini juga diikuti satpol pp sebagai mitra panwaslu dalam pembersihan alat peraga kampanye.

Pembersihan yang dilakukan mulai jam 9 pagi itu berakhir sekitar pukul 13.00 Wib setelah menyusuri sepanjang jalan pantura dari kecamatan sayung berbatasan dengan kota semarang sampai kecamatan karanganyar yang berbatasan dengan wilayah kabupaten Kudus. 


Pembersihan oleh Satpol PP disaksikan oleh Ketua Panwaslu

Personil panwaslu demak dibagi menjadi dua tim yang bertugas menyisir wilayah barat dan timur, sedangkan untuk wilayah utara dan selatan diserahkan kepada panwascam masing-masing, seperti panwascam wonosalam, dempet, kebonagung, guntur, dan karangawen, sedangkan wilayah utara diserahkan ke panwascam wedung, bonang, dan mijen.
Anggota Panwaslu dan satpol PP membersihkan APK

Meski sudah dirazia, namun ada beberapa atribut kampanye yang masih terpasang, terutama di daerah pinggiran, karena keterbatasan personil dan alat pendukung untuk membersihkan alat peraga kampanye tersebut. 


"Masa kampanye pilgub sudah berakhir Rabu (22/5). Mulai Kamis (23/5) sampai Sabtu (25/5) sudah memasuki masa tenang, sebelum dilakukan pemungutan suara Minggu 26 Mei mendatang. Di masa tenang, semua atribut kampanye harus dibersihkan," kata Ketua Panwaslu Demak Khoirul Saleh, Kamis (23/5).


Proses Pembersihan APK
Sebelumnya, Panwaslu telah meminta tim kampanye pasangan cagub untuk segera mencopoti sendiri atributnya, namun tampaknya tim kampanye tidak mengindahkan himbauan tersebut. Petugas mencopoti atribut berbagai ukuran, mulai dari poster yang dipaku di pohon peneduh di tepi jalan dan tiang listrik, sampai baliho ukuran besar di tepi jalan jalan protokol.

Sementara itu, Kasi Penyuluhan Pengembangan Satpol PP, Lilik Handoyo mengatakan, bahwa jumlah atribut yang diturunkan di sepanjang Jalan Semarang - Kudus mencapai seratus lebih. Jumlah atribut di Jalan lingkar juga sudah dibersihkan, meski jumlahnya tak sebanyak di Jalan Semarang - Kudus.
"Jumlah pasti atribut yang diturunkan belum kami hitung, tapi jumlahnya ratusan. Atribut kampanye di sepanjang Jalan Semarang- Kudus dari Sayung sampai Karanganyar sudah dibersihkan Satpol PP dan Panwaskab. Mulai Jumat (24/5), jalan-jalan sudah bersih dari atribut parpol dan peraga kampanye pilgub," ungkapnya.

No comments:

Post a Comment