Thursday, December 12, 2013

Panwaslu Demak Launching Gerakan “Satu Juta Relawan” Pengawas Pemilu



Demak- Panwaslu Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan Launching “Gerakan Satu Juta Relawan Pengawas Pemilu 2014’` yang digelar di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (11/12), ditandai dengan tanda tangan dukungan gerakan tersebut, diawali oleh Bupati Demak yang dalam hal ini diwakili oleh Plt. Sekda Demak dr. Singgih Setyono MMr, dilanjutkan Panwaslu Demak dan  100 relawan.
Launcing ditandai dengan penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) antara Panwaslu yang diwakili oleh ketua Panwaslu Khoirul Saleh. S.Sos., MH. Rektor Unisfat Sukandar, SPd., MT dan dari pengasuh pondok pesantren Drs. Thoifuri M.Ag
Sejumlah Ormas, tokoh masyarakat, pengasuh pondok pesantren, dan akademisi yang ada di wilayah Demak menyatakan dukungannya terhadap gerakan Satu Juta Relawan Pengawas Pemilihan Umum 2014 yang digelar oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Demak.
Hadir di acara itu anggota Muspida, Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), ketua dan anggota Panwaslu kabupaten, ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Demak dan mahasiswa serta santri dari pondok pesantren.
Ketua Panwaslu Kabupaten Demak Khoirul Saleh, S.Sos., MH mengatakan, launching ini adalah sebagai tindak lanjut program yang dicanangkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia, sekaligus sebagai awal upaya pencegahan panwaslu dengan merangkul relawan pengawas Pemilu di Demak.
“Ini adalah gerakan awal untuk merangkul relawan pengawas Pemilu, dari launching diharapkan akan membuat masyarakat sadar dan peduli bahwa mensukseskan pemilu adalah kewajiban kita bersama,” tandasnya.
Jumlah pengawas pemilu yang hanya berjumlah 747 PPL pada tingkat desa dengan total TPS sejumlah 2191 tentunya itu masih kurang memadai untuk melaksanakan tugas pengawasan seluruh tahapan pemilu di wilayah Kabupaten Demak khususnya pada saat pemungutan dan penghitungan suara. Sehingga, kata dia,  perlu dibangun adanya kerjasama, komunikasi dan kordinasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk mengoptimalkan penguatan fungsi dan peran Panwaslu.
Pada kesempatan itu (Plt) Sekda dr. Singgih Setyono MMr menyatakan dukungan terhadap gerakan ini karena memberikan peluang kepada masyarakat untuk berperan aktif terhadap pengawasan, dan agar lebih efektif, ke depan  perlu dibangun adanya kerjasama, komunikasi dan koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk mengoptimalkan penguatan fungsi dan peran Panwaslu. (un).

No comments:

Post a Comment