Monday, June 2, 2014

Rakor Mutarlih Pemilu Presiden



Demak- Panwaslu Demak pada hari Sabtu (31/5) mengundang dua orang anggota Panwascam dari Divisi Pengawasan dan Divisi Penindakan serta satu orang staf sekretariat untuk melaksanakan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih pemilu presiden dan wakil presiden pada 9 Juli yang akan datang.
Pada kesempatan itu Panwaslu Demak menekankan kepada peserta dari panwascam untuk fokus mengawasi tahapan yang telah berjalan, serta menginstruksikan kepada panwascam agar memastikan bahwa KPU dan jajarannya telah melaksanakan tahapan pilpres sesuai dengan PKPU Nomor 4 tahun 2014 tentang tahapan pemilu presiden dan wakil presiden.
Dalam rakor itu juga disinggung tentang kinerja panwascam sekaligus evaluasi bagi mereka. Ketua Panwaslu Khoirul Saleh menyinggung bahwa beberapa panwascam masih bermasalah dalam persoalan soliditas antar anggota panwascam, juga kurang harmonisnya hubungan panwascam dengan staf sekretariat, “beberapa panwascam mengeluh karena hubungan mereka dengan sekretariat kurang bagus, ke depan ini harus segera diselesaikan karena masa jabatan panwascam hanya tinggal empat bulan saja yaitu sampai September 2014”, ujar ketua panwaslu ini dalam sambutannya pada rakor mutarlih itu.
Sementara anggota panwaslu Amin Wahyudi yang membidangi SDM menyampaikan keprihatinannya karena sudah hampir dua tahun bekerja sama tetapi hubungan antara komisioner panwascam dan sekretariat masih belum kompak, “bahkan ada salah satu kecamatan yang mengirimkan dua laporan tentang hal yang sama tetapi berbeda nomornya, inikan ironis”, paparnya dalam kegiatan yang sama. Dirinya berharap hal itu bisa segera diatasi oleh panwascam.
Sedangkan anggota Panwaslu Ulin Nuha yang membidangi Divisi penyelesaian sengketa menyampaikan bahwa tugas-tugas kepengawasan ke depan secara teknis memang jauh lebih ringan dibandingkan pemilu legislatif yang lalu, tetapi secara administratif tidak kalah berat karena dari dua calon presiden yang ada sama-sama didukung oleh partai politik dan pengusaha, “pengawasan yang akan kita lakukan secara teknis memang lebih ringan daripada pemilu legislatif kemarin tetapi bukan berarti kita bisa santai-santai saja, karena kedua calon sama-sama punya pendukung yang cukup fanatik, sehingga kita harus lebih awas dan waspada dalam melakukan tugas-tugas kepengawasan.” Urainya saat memberikan materi pada rakor mutarlih itu.(UN)

No comments:

Post a Comment