Friday, September 8, 2017

SLUP-SLUPAN PANWAS KABUPATEN DEMAK





Demak- Kemarin sore (7/9) Panwas Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan slup-slupan (menempati kantor baru) sebagai bentuk rasa syukur atas penempatan kantor baru berupa pembacaan manakib dalam rangka menempati kantor baru setelah resmi dilantik pada Jumat 25 Agustus 2017. Kegiatan manakiban ini dilaksanakan setelah selesai menerima pendaftaran panwas tingkat kecamatan.

Tradisi ini dilakukan ketika pemilik rumah/kantor akan menempati rumah yang baru selesai dibangun atau dibelinya atau kantor yang akan ditempati. Prosesi selamatan ini dimulai dengan mengundang keluarga besar dan tetangga sekitar, tetapi karena di kantor hanya ada staf, maka mereka saja yang diberdayakan untuk hadir. Setelah tamu undangan hadir, uba rampe berupa ingkung ayam, nasi putih beserta pelengkapnya diletakkan ditengah-tengah tamu undangan, kemudian didoakan. Setelah itu dibagikan untuk dimakan bersama-sama.
Dalam kegiatan itu hadir komisioner Panwas Kabupaten Demak, calon sekretariat beserta staf Panwas Kabupaten Demak. Dalam acara yang berlangsung secara sederhana itu, ketua Panwas Khoirul Saleh menyampaikan bahwa manakiban ini bertujuan agar kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah berlangsung dengan lancar tanpa kendala yang berarti.
“acara manakiban ini selain dalam rangka menempati kantor baru, juga agar kegiatan pemilihan gubernur berjalan dengan lancar. Para personil panwas dan sekretariat diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas-tugas kepengawasan pada khususnya serta penyelenggara pemilu pada umumnya” ujarnya dalam sambutan sebelum manakib dibacakan oleh Ustadz Mudlo’af, S.PdI.
Menurut anggota Panwas Lispiatun kegiatan slup-slupan ini baru dilaksanakan pada hari ini karena Panwas harus menyiapkan pendaftaran panwascam dan juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait sehingga baru sempat terlaksana. “sebenarnya kami inginnya begitu mendapatkan kantor, langsung dilaksanakan slup-slupan, tetapi karena kami juga harus segera menyiapkan pendaftaran panwascam dan juga berkoordinasi dengan stakeholder maka slup-slupan ini baru bisa terlaksana hari ini (kemarin-red).

  



No comments:

Post a Comment